Thursday, August 11, 2011

Tips Merawat PC Desktop / Komputer

Komputer saat ini bukan lagi merupakan kebutuhan barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja ketika listrik padam, semua karyawan pada bingung harus berbuat apa karena semua harus dilakukan dengan menggunakan komputer, jadi komputer merupakan sarana kerja yang sangat dibutuhkan saat ini dan saat mendatang.
Sebegitu pentingnya komputer untuk membantu pekerjaan kita sehingga posting kali ini saya mencoba memberikan Tips Merawat PC Desktop / Komputer supaya bisa lebih panjang umurnya.

Tips Perawatan Hardware
- Penempatan Casing tidak berada di depan pemakai komputer untuk menghindari kaki si pemakai komputer (jika tidak memiliki meja khusus komputer)

- Bagi anda yang sering boangkar pasang casing, memori, harddisk, prosesor dan lain-lain yang berada di dalam CPU, agar selalu memasang kabel-kabel penghubung antar dvice dengan benar dan terpasang dengan baik.
- Baut-baut pengancing card-card agar dipasang dan dikencangkan, ini sangat berpengaruh terhadap kerusakan pada card-card yang terpasang apabila baut-baut pengancing card tidak terpasang atau tidak dikencangkan.
- Baut untuk mengancing hard disk agar dipasang lengkap untuk menghindari getaran yang berlebihan pada hard disk karena hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat sensitif terhadap getaran.
-Bersihkan Bagian dalam casing (CPU) dari debu kurang lebih 3 bulan sekali
- Apabila anda adalah pengguna komputer insidentil atau tidak setiap hari atau kadang-kadang saja, maka sebaiknya anda meluangkan waktu sedikit untuk menghidupkan komputer anda sekitar 15 menit agar tidak terjadinya kelembaban berlebihan di dalam CPU sehingga suatu saat nanti digunakan komputer tersebut tidak terjadi hubungan pendek (korslet).

Tips perawatan software
berikut tips-tips untuk merawat software
- Lakukan defrag setiap akhir pekan, agar semua program dan data tersimpan dengan baik
- Install anti virus yang selalu di update agar terhindar dari virus yang mengganggu aktifitas kita dalam menggunakan komputer
- Bila sering menyewa Warnet untuk mendapatkan informasi dari internet sebaiknya anda lebih waspada terhadap virus karena virus lebih banyak beredar melalui jarul internet, apalagi warnet merupakan tempat umum yang bisa dipakai oleh siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus.
- Shutdown komputer secara benar apabila anda tidak menggunakan komputer lagi.

Begitulah sedikit tips dari saya untuk merawat pc kita dirumah agar selalu bsia menemani kita dalam bekerja. .
Semoga tips-tips yang saya sampaikan disini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Komputer-xp.

Salam k-xp,

5 comments:

Unknown said...

Sekedar Silaturahim dan mempererat persaudaraan bro. Saya kurang suka dengan mereka yang cuman bertukar link dan tidak saling berkunjug..hehehe...Bagaimana kabarnya atuh? Saya harap pertemanan bisa berlanjut. Oh iya, saya mau ajak tukar link lagi nih, tapi dengan blog saya yang satunya yang berbahasa Inggris.
Kalo mau, ane tunggu nih, konfirmasinya...Thanks bro.

Rudy Haryanto said...

ea gan Hendra ada yang baru update template nih xixixi. emang ada lagi y gan blog nya banyak amad gan :D, mana gan Url nya biar ane tempelin klo boleh ke blog ane yang satu-satunya hihi.

komputer-xp said...

@Maspray, kabar baik sob!! Blog bhs inggris kamu udah aku pasang di blog ini sob,, blognya menarik sob., pokoknya lanjutin terus sob...

@Rudy Haryanto, Iya nih blog ini masih dalam pengeditan, maklum msh newbie..
Maaf sob, utk blog yg satunya lbh baik ngga usah sob, sebab blog itu jarang saya urus. Ternyata g mudah punya 2 blog.. hhehe

Unknown said...

Terimakasih bro. Blog kmu juga sudah ku pasang di Blog Aq yang berbahsa Inggris. Oh ya, sekedar pemberitahuan saja, ada beberapa sahabat blogger yang mengubah link exchange mereka jadi nofollow. Aq sangat kaget waktu ngeliatnya. Itu kan namanya curang....hmmm....

handika said...

nice info

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar, krtik dan saran di bawah ini untuk kemajuan blog komputer-xp. Dan jgn pernah bosan berkunjung kesini lagi sob. Salam k-xp