Wednesday, July 27, 2011

Mengenal Memori / RAM Pada Komputer


Di dalam sebuah komputer (desktop/PC -Personal Computer) , laptop atau netbook, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory).
RAM atau Memori merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Prosesor (CPU - Central Processing Unit). Data yang ada di RAM bisa diakses secara acak tidak secara berurutan dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut Random (acak). Data yang tersimpan di RAM bersifat sementara, dan data pada memori tersebut akan akan hilang jika komputer mati. Data yang ada di RAM bisa diakses jauh lebih cepat daripada yang ada di hardisk.Berikut jenis memori yang banyak dipergunakan;
Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis mulai diperkenalkan pada tahun 1996 dengan kecepatan 66 MHz hingga 133 MHz.
SDRAM merupakan salah
satu jenis dari memori kategori solid-state dan terpasang pada slot Dual In-line Memory Module (DIMM) dengan jumlah 168 pin.Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory (DDR SDRAM/ DDR) mampu mentransfer data dua kali lipat dari memori SDRAM. dengan frekuensi clock memory 100 MHz, DDR SDRAM dapat memberikan kecepatan transfer maksimum sebesar 1600 MB /detik. Perbedaan dengan SDRAM adalah pada notch (coakan) yang ada, pada DDR hanya terdapat 1 notch, yaitu di bagian tengah agak menjauhi pin nomor 1, jumlah pin dari DDR ada 184 pin. Sedangkan pada Laptop terpasang pada slot Small outline DIMM (SO-DIMM) dengan jumlah pinnya 200 pin.
Untuk DDR2 memiliki 240 pin dengan kecepatan akses 40 sampai 100 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk (akses Hardisk SATA sekitar 80-100 MB/detik sedangkan USB 2.0 antara 10 MB/detik sampai 20 MB/detik), dengan frekuensi clock memory 100 MHz, DDR2 SDRAM dapat memberikan kecepatan transfer maksimum sebesar 3200 MB /detik. Sedangkan pada laptop terpasang pada slot Small outline DIMM (SO-DIMM) dengan jumlah pinnya 200 pin.
Sementara DDR3 memiliki 240 pin dengan kecepatan akses 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk, dengan frekuensi clock memory 100 MHz, DDR2 SDRAM dapat memberikan kecepatan transfer maksimum sebesar 6400 MB /detik.Sedangkan pada Laptop terpasang pada slot Small outline DIMM (SO-DIMM) dengan jumlah pinnya 204 pin. Saat ini kebanyakan komputer sudah menggunakan memori jenis DDR3.
Penambahan memori (upgrade) biasanya akan meningkatkan performa komputer secara signifikan ( tetapi jumlah yang terlalu besar biasanya tidak banyak berpengaruh, misalnya jika memori sudah diatas 4 GB, biasanya peningkatan tidak akan terlihat). Sebagai contoh Windows 7 biasanya memerlukan paling tidak 2 GB memori.
Selain itu, satu jenis memori biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya (semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).
Jumlah maksimal memori (slot) tergantung pada motherboard dan juga sistem operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM.
DDR4 saat ini sedang dirancang dan diharapkan akan dirilis pada tahun 2012. DDR4 akan menjadi penerus DDR3. Chip baru ini diharapkan akan berjalan pada 1.2 V atau kurang, dengan frekuensi clock memory 2133 MHz dan memiliki lebih dari transfer 2000000000 data per detik.
Sumber tambahan : intel corp, wikipedia

5 comments:

Laptop Komputer said...

Duh ternyata ribet juga ya komponen dalam komputer.Tapi mantap tenan gan infonya nambah pengetahuan buatku...

Roadz Chikal said...

Link sobat dah aq pasang.
Check disini sob.. http://gilank-fb.blogspot.com

Rudy said...

hadeh, gagal pertamax...
kan bener blog kita sejalan gan :D, blogwalking nih gan, apa kabarnya komputer-xp, btw kebetulan banget yah..ane blom lama bikin artikel soal memory juga gan :D.

oiy gan sekalian mampir ane mau ngajuin permintaan follow gan klo boleh, biar sama-sama, ane udah follow juga komputer-xp, biar bisa ikuttin terus update terbaru dari sini :D. thx gan.

komputer-xp said...

@Laptop Komputer, siip sob..
@Roadz Chikal, thxs atas kerjasamanya sob..
@Rudy, Ok sob., bentar lg menuju TKP..

@All, thxs atas komentar n kunjunganya.,
salam k-xp

Unknown said...

Thanks atas ajakan tukar linknya. Sebenarnya, agak kurang berkesan dengan model BlogRoll yang "sedikit tersembunyi" seperti miliknya Agan...
Tapi, ya gak papa lah...Link agan sudah tak pasang. Silakan liat di Sidebar kiri "Blog Teman". Kalo bisa, sekedar saran nih, tempat tukar link agan dibuat kayak punyaQ aja, selain lebih VISIBLE, juga bisa disetting ukurannya...
Trus juga biar temen2 yang tukaran link lebih merasa puas, karena link mereka VISIBLE...OK gan..Thanks lagi ah... :P

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar, krtik dan saran di bawah ini untuk kemajuan blog komputer-xp. Dan jgn pernah bosan berkunjung kesini lagi sob. Salam k-xp